SUM, MAX , MIN, AVERAGE, IF , HLOOKUP dan VLOOKUP Pada
Calc
Disini saya
membuat table yang bertujuan mengitung Total Nilai, Nilai Max dan Min serta
Nilai Rat Rata, Grade nilai Jurusan Dan Thn ajaran dengan fungsi:
a.
SUM
b. MAX
c.
MIN
d. AVERAGE
e. IF
f.
HLOOKUP
g.
VLOOKUP
A. SUM
SUM adalah
fungsi untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
=SUM(0.7*E2;0.3*F2)
Dimana kolom
nilai UTS (E3) dikali 0,7 dan kolom nilai UAS (F3) dikali 0,3 dan jika sudah
dikali ,Hasil nilai E3 dan F3 ditambah dan akan tercetak pada G3
B. MAX
MAX
adalah fungsi untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
=MAX(E2:E6)
Pertama klik
kolom E7 , dan tuliskan =MAX( data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6) maka
akan tercetak nilai tertinggi pada kolom E7
C. MIN
MIN adalah
Fungsi untuk mencari nilai terendah dari suatu range
=MIN(E2:E6)
Untuk
mencari nilai terendah pada table nilai UTS pertama-tama klik kolom E8 dan klik
data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6 dan nilai terendah akan tercetak di
kolom E8
D. AVERAGE
Untuk
mencari nilai rata-rata dari suatu range dapat menggunakan fungsi AVERAGE
=AVERAGE(E2:E6)
Pertama klik
kolom E9 , dan tuliskan =AVERAGE ( data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6)
maka akan tercetak nilai Rata Rata pada kolom E9
E.
IF
IF adalah
Formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana
fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah
=IF(G2>=90;”A”;IF(G2>=80;”B”;IF(G2>=70;”C”;”D”)))
Jika nilai
pada kolom G2 lebih besar dari pada 90 maka akan tercetak A ; dan jika nilai
pada kolom G2 lebih besar dari pada 80 maka tercetak B ; dan jika nilai pada
kolom G2 lebih dari pada 70 maka tercetak C selain itu D dan semua keterangan
nilai itu tercetak pada kolom H3
F.
HLOOKUP
HLOOKUP
adalah fungsi untuk menghitung /mengambil data dari tabel referensi kemudian
dimasukkan ke tabel kerja. Dan menghitung data referensi secara Horizontal.
=HLOOKUP(D2;$C$11:$D$13;2)
Klik kolom
yang menjadi konsenstrasi atau kolom kunci yaitu D2 lalu ; dan klik kolom yang
menjadi referensi yaitu kolom C11 dan drag hingga kolom D13 ; dan maksud dari 2
adalah baris/range kedua pada kolom referensi yang akan tercetak pada I3 . dan
maksud dari $ adalah tanda string agar pembuatan rumus dapat digunakan untuk
kolom I4,I5,I6 .
G. VLOOKUP
untuk
menghitung /mengambil data dari tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel
kerja. Dan menghitung data referensi secara vertikal.
=VLOOKUP(MID(B2;3;2);$F$12:$G$15;2;0)
MID
digunakan untuk membaca data dari B2 dan membaca pada karakter ke3 sebanyak 2
karakter dan itu adalah kolom kunci dan blok kolom referensi dari kolom F12 dan
drag hingga G15 dan 2 adlah kolom kedua pada kolom referensi yang dan akan tercetak pada J3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar