Rabu, 02 Januari 2013

SUM



SUM, MAX , MIN, AVERAGE, IF , HLOOKUP dan VLOOKUP Pada Calc
Disini saya membuat table yang bertujuan mengitung Total Nilai, Nilai Max dan Min serta Nilai Rat Rata,   Grade nilai Jurusan Dan Thn ajaran dengan fungsi:
a.       SUM
b.      MAX
c.       MIN
d.      AVERAGE
e.      IF
f.        HLOOKUP
g.       VLOOKUP 



A.      SUM

SUM adalah fungsi untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
=SUM(0.7*E2;0.3*F2)
Dimana kolom nilai UTS (E3) dikali 0,7 dan kolom nilai UAS (F3) dikali 0,3 dan jika sudah dikali ,Hasil nilai E3 dan F3 ditambah dan akan tercetak pada G3
B.      MAX
MAX  adalah fungsi untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
=MAX(E2:E6)
Pertama klik kolom E7 , dan tuliskan =MAX( data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6) maka akan tercetak nilai tertinggi pada kolom E7
C.      MIN
MIN adalah Fungsi untuk mencari nilai terendah dari suatu range
=MIN(E2:E6)
Untuk mencari nilai terendah pada table nilai UTS pertama-tama klik kolom E8 dan klik data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6 dan nilai terendah akan tercetak di kolom E8
D.       AVERAGE
 Untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range dapat menggunakan fungsi AVERAGE
=AVERAGE(E2:E6)
Pertama klik kolom E9 , dan tuliskan =AVERAGE ( data pertama yaitu E2 dan drag hingga E6) maka akan tercetak nilai Rata Rata pada kolom E9
E.       IF
IF adalah Formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah
=IF(G2>=90;”A”;IF(G2>=80;”B”;IF(G2>=70;”C”;”D”)))
Jika nilai pada kolom G2 lebih besar dari pada 90 maka akan tercetak A ; dan jika nilai pada kolom G2 lebih besar dari pada 80 maka tercetak B ; dan jika nilai pada kolom G2 lebih dari pada 70 maka tercetak C selain itu D dan semua keterangan nilai itu tercetak pada kolom H3
F.       HLOOKUP

HLOOKUP adalah fungsi untuk menghitung /mengambil data dari tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel kerja. Dan menghitung data referensi secara Horizontal.
=HLOOKUP(D2;$C$11:$D$13;2)
Klik kolom yang menjadi konsenstrasi atau kolom kunci yaitu D2 lalu ; dan klik kolom yang menjadi referensi yaitu kolom C11 dan drag hingga kolom D13 ; dan maksud dari 2 adalah baris/range kedua pada kolom referensi yang akan tercetak pada I3 . dan maksud dari $ adalah tanda string agar pembuatan rumus dapat digunakan untuk kolom I4,I5,I6 .
G.     VLOOKUP

untuk menghitung /mengambil data dari tabel referensi kemudian dimasukkan ke tabel kerja. Dan menghitung data referensi secara vertikal.
=VLOOKUP(MID(B2;3;2);$F$12:$G$15;2;0)
MID digunakan untuk membaca data dari B2 dan membaca pada karakter ke3 sebanyak 2 karakter dan itu adalah kolom kunci dan blok kolom referensi dari kolom F12 dan drag hingga G15 dan 2 adlah kolom kedua pada kolom referensi yang dan akan tercetak pada J3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar